Jumat, 16 Maret 2012

PEMIKIRAN PENDIDIKAN DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM MENURUT K.H. AHMAD DAHLAN


ABSTRAKSI

PEMIKIRAN PENDIDIKAN DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM MENURUT K.H. AHMAD DAHLAN

K.H. Ahmad Dahlan merupakan tipe man of action sehingga sudah pada tempatnya apabila mewariskan cukup banyak amal usaha buka tulisan. Oleh sebab itu untuk menelusuri bagaimana pemikiran pendidikan Ahmad Dahlan mestinya lebih banyak merujuk kepada bagaimana ia membangun sistem pendidikan. Dengan usaha belau dibidang pendidikan, yang dapat dikatakan sebagai suatu modal dari bangkitnya sebuah generasi yang merupakan titik pusat dari suatu pergerkan yang bangkit untuk menjawab tantangan-tantangan yang dihadapi oleh umat Islam yang berupa ketertinggalan dalam sistem pendidikan Islam.
Berkaitan dengan hal tersebut, maka timbul suatu pertanyaan. Yakni, Bagaimana pemikiran pendidikan Islam menurut K.H. Ahamd Dahlan dalam membentuk kepribadian muslim? Apa yang menjadi motivasi dan tujuan pemikiran K.H. Ahmad Dahlan tentang pendidikan dalam membentuk kepribadian muslim? Bagaimana aktualisasi pemikiran pendidikan K.H. Ahmad Dahlan dalam pendidikan di Indonesia pada saat ini?
Ahmad Dahlan merupakan tokoh nasional yang berbeda bila dibandingkan dengan tokoh-tokoh pada zamannya yang lebih menaruh perhatian pada persoalan politik dan ekonomi, namun Ahmad Dahlan justru berjuang dan mengabdikan diri sepenuhnya dalam bidang pendidikan. Titik bidik dalam dunia pendidikan pada gilirannya mengantarkan beliau kepada pengabdian kepada masyarakat yang sesungguhnya.
Berdasarkan uraian jawaban di atas kita melihat bahwa membangun dakwah atau seruan kepada ummat manusia tersebut, maka K.H. Ahmad Dahlan gigih membina angkatan muda untuk turut bersama-sama melaksanakan upaya dakwah tersebut, dan juga untuk meneruskan dan melangsungkan cita-citanya membangun dan memajukan bangsa ini dengan membangkitkan kesadaran akan ketertidasan dan ketertinggalan ummat Islam Indonesia.
ii
Menurut pendapat Abdul Munir Mulkhan dalam bukunya  Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan Dan Muhammadiyah ( Dalam Perspektif Perubahan Sosial ). Meningkatkan kualitas hidu dan kemajuan ummat Islam ialah pemahaman terhadap berbagai ilmu pengetahuan yang sedang berkembang dalam tata kehidupan masyarakat ( Dalam kaitannya dengan pandangan ini K.H. Ahmad Dahlan menyampikan pesan “ Menjadilah Insiyur, Guru, Master, dan Kembalilah berjuang dalam Muhammadiyah “).
Pemikiran Pendidikan Islam, merupakan bagian dari ajaran Islam mengenai pentingnya pendidikan dikalangan ummat. Islam itu agama yang benar yang baik yang membawa kemuliaan dan kebahagiaan mengapa umat Islam sekarang pecah, lemah, rendah, tidak memegang pimpinan di dunia Khalifatul Allah yang maha adil?        
Dari tulisan di atas, dapat diambil kesimpulan, bahwa setiap ummat manusia memiliki kepedulian terhadap pendidikan. Karena itu merupkan bagian dari ajaran agama Islam.

Tidak ada komentar: